Kenapa harga Emas turun belakangan ini?

Sebagian besar dari kita pasti bertanya-tanya mengapa beberapa waktu yang lalu harga emas secara mengejutkan turun tajam dan hingga sekarang masih terasa sulit untuk kembali naik. Lalu apa sebenarnya yang membuat hal ini terjadi?
Berikut ini adalah 2 penyebab yang turunnya harga emas tersebut :

1. Federal Reserve Amerika
US Central Bank atau yang lebih dikenal dengan Federal Reserve, mengeluarkan sebuah kebijakan yang dinamakan “Operation Twist“. Kebijakan ini dijalankan dengan menjual surat hutang Amerika (obligasi) dengan jatuh tempo yang pendek, dan meggunakan dananya untuk membeli surat hutang yang lama jatuh temponya (10 tahun atau lebih).
Yang terpenting dari Operation Twist ini adalah efeknya ke market. Akibat penjualan surat hutang yang jatuh temponya pendek tersebut, maka tingkat bunga dari surat hutang jangka pendek ini menjadi naik dan cukup menjanjikan bagi para hedge fund / mutual fund yang mengelola dana besar.



2. Kepanikan di Pasar
Mutual Fund dan Hedge Fund (firma atau perseorangan yang tugasnya mengelola dana investasi dari investor dalam jumlah besar) secara serentak memburu surat hutang jangka pendek Amerika yang dijelaskan pada poin pertama. Surat hutang suatu negara dianggap sebagai investasi untuk mendapatkan profit yang paling aman di tengah krisis yang melanda euro dan menurunnya performa China. Negara yang mengeluarkan surat hutang bisa mencetak uang untuk membayar hutang / bunga dari surat hutang yang sebelumnya di keluarkan. Dalam kasus ini, Amerika adalah dikenal sebagai negara yang paling aman mata uangnya (safe haven). US Dollar adalah mata uang yang bisa digunakan hampir di seluruh penjuru dunia.
Sebagai akibat perburuan surat hutang tersebut, maka para mutual fund dan hedge fund secara beramai-ramai memindahkan dana nya untuk membeli surat hutang tersebut. Dana yang mereka gunakan ini adalah dengan cara menjual suatu instrumen investasi yang sebelumnya mereka pegang. Emas dan saham yang sebelumnya mereka pegang akhirnya dijual dan dananya digunakan untuk membeli surat hutang Amerika. Secara bersamaan mereka juga bisa dikatakan melakukan taking profit.
Ketika hal diatas terjadi, maka market emas akan turun secara signifikan, dan hasilnya menimbulkan kepanikan dan efek berantai diantara para hedge fund dan investor lainnya. Akibatnya terjadi aksi “sell-off” (aksi jual besar-besaran). Akibat aksi jual besar-besaran itulah maka harga emas semakin  tertekan.

sumber : futuresgalleriablog.com

0 komentar:

Post a Comment

Terbanyak Dibaca

Kirimkan Informasi Harga Emas Via Email: