BULLISH, BEARISH, SIDEWAYS

Mungkin kita sering mendengar dalam berita di televisi atau membaca artikel dan berita bahwa diperkirakan harga emas akan BULLISH atau BEARISH. Mengapa dinamakan demikian dan apa artinya?

Hanya sekedar berbagi pengetahuan, dalam pemahaman saya istilah tersebut diambil dari nama binatang yaitu BULL (Banteng) dan BEAR (Beruang). Hal itu dikarenakan ada persamaan antara perilaku pergerakan harga dengan perilaku hewan tersebut.


BULL / BANTENG, dalam menyerang lawannya dia akan menunduk ke bawah lalu menyeruduk dan melempar lawannya ke atas. Harga emas pun demikian, sebelum harga naik, emas akan turun dulu menuju titik rendah baru kemudian akan terdorong naik tinggi.

BEAR / Beruang, ketika menyerang lawan dia akan mengangkat tangannya lalu menghempaskan lawannya ke bawah. Demikian juga dengan harga emas, sebelum turun harga emas akan naik dulu seolah-olah akan naik terus, padahal akan turun.

BANTENG bisa dikatakan sebagai PEMBELI , sedangkan BERUANG bisa dianggap sebagai PENJUAL.
Saat jumlah PEMBELI lebih banyak dibandingkan jumlah penjual maka akan terjadi BULLISH. Kebalikannya, jika jumlah PENJUAL lebih banyak dibandingkan dengan PEMBELI maka akan terjadi BEARISH.
Ketika jumlah PENJUAL dan PEMBELI berimbang maka harga akan bergerak SIDEWAYS. Pada posisi SIDEWAYS ini lah biasanya akan terjadi tarik ulur dan perubahan momentum.


Jadi menurut saya, ada baiknya kita tidak hanya melihat harga emas kemarin, atau hari sebelumnya saja ketika akan membeli emas. Kebanyakan dari kita hanya melihat harga dalam rentang pendek. Misalkan kemarin 1 gram Rp. 505.000 lalu hari ini Rp.485.000 mungkin menurut kita turun Rp. 20.000 dalam sehari sudah cukup bagus buat membeli. Padahal belum tentu seperti itu. Jangan bosan melihat grafik harga, dan jangan lupa pasang indikator-indikator yang menurut anda bagus.

Untuk menghindari kerugian dan buang waktu dalam mendapatkan hasil, alangkah bagusnya kalau kita tetap bersahabat dengan trend harga. Namun segala keputusan tetap di tangan anda.

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Muntie said...

dalam trading ini memang kita bisa emmanfaatkan bearih dan juga bullish untuk bisa mendapatkan peluang profit yang baik dari buy maupun sell dan,hal ini bisa kita lakukan jika bisa menggunakan indikator yang tepat dalam melihat trend yang terjadi, dan untukmemperoleh profit dengan nyaman di OctaFx maka biasanya banyak melakukan trading dengan memanfaatkan teknik scalping yang mudah

Post a Comment

Terbanyak Dibaca

Kirimkan Informasi Harga Emas Via Email: