Melihat Trend Harga Emas Menggunakan Indikator Ichimoku Kinko Hyo

Salah satu indikator yang dapat kita gunakan sebagai alat bantu mengetahui trend harga emas adalah  Ichimoku Kinko Hyo. Ichimoku memiliki bebrapa parameter yaitu Chikou, Tenkan, Kijun, Senkou (Dibagi menjadi Senkou Span A dan Senkou Span B), dan Awan Kumo (Kumo Up dan Kumo Down).

Bagaimana membaca indikator Ichomoku ini? 

Pertama, buka grafik harga emas. Klik Di Sini . Kalau komputer anda sudah terinstall java maka akan tampak gambar seperti di bawah ini (dalam halaman goldprice.org)
Klik gambar untuk memperbesar
Kedua munculkan indikator Ichomoku ke dalam grafik harga emas dengan cara :
Klik gambar untuk memperbesar
  • Klik Studies, maka akan muncul pilihan-pilihan indikator
  • Pilih Ichimoku
  • Klik OK, maka indikatpr Ichimoku akan muncul dalam grafik
Klik gambar untuk memperbesar
Bagaimana membacanya? Apakah harga sedang atau akan bullish, sideways ataukah bearish?

Pertama, Chikou Span adalah harga saat ini (running price)  yang digambarkan dalam Line chart (close price) mundur ke belakang sebanyak seting parameter (default 26). Dengan kata lain, nilai chikou span sama dengan harga running dan digambarkan 26 candle di belakang harga saat ini.
Cara membacanya adalah jika chikou span melewati/crossing candle chart dari bawah ke atas adalah tanda Bullish dan sebaliknya jika chikou span melewati/crossing candle chart dari atas ke bawah sebagai tanda Bearish (lihat gambar di bawah).

Klik gambar untuk memperbesar
Kedua, Tenkan dan Kijun sen merupakan modifikasi dari Exponential Moving Average (EMA) parameter default 9 dan 26 (tidak usah merubah settingnya).
Jika Tenkan line melewati/crossing Kijun line dari bawah ke atas menandakan bullish dan sebaliknya jika Tenkan line melewati/crossing Kijun line dari atas ke bawah menandakan bearish. (perhatikan gambar di bawah).
Klik gambar untuk memperbesar
Ketiga, Senkou span. Senkou span ini dibagi menjadi dua garis, yaitu Senkou span A dan Senkou span B. Wilayah diantara Senkou tersebut biasa disebut sebagai Ichimoku Cloud (Awan Kumo). Cara membacanya adalah jika harga berada di atas cloud, trend sedang bullish dan sebaliknya.Dan jika harga berada di dalam cloud artinya trend tidak jelas/sideways. Jika harga berada dibawah cloud sudah pasti harga sedang bearish.

Secara garis besar signal - signal yang ada pada indikator Ichimoku adalah sebagai berikut :

Bullish Signals
  • Tenkan Sen (biru) diatas Kijun Sen (orange)
  • Chikou Span (biru muda) diatas harga realtime / crossing grafik dari bawah
  • Harga realtime diatas awan kumo (awan hijau atau merah)
  • Senkou Span A (Hijau Muda) diatas Senkou Span B (Merah hati) 
Jika ada signal - signal di atas dalam indikator Ichomoku anda, berpikirlah 100x untuk ambil posisi SELL / menjual emas anda meskipun sebelumnya telah terjadi kenaikan yang cukup lumayan, karena biasanya akan ada kenaikan lagi.

Bearish Signals
  • Tenkan Sen (biru) dibawah Kijun Sen  (orange)
  • Chikou Span (biru muda) dibawah harga realtime / crossing grafik dari atas
  • Harga realtime dibawah awan kumo (awan hijau atau merah)
  • Senkou Span A Span A (Hijau Muda) dibawah Senkou Span B (Merah hati) 
Jika ada signal - signal di atas dalam indikator Ichomoku anda, berpikirlah 100x untuk ambil posisi BUY / membeli emas meskipun sebelumnya terjadi penurunan yang anda pandang cukup lumayan, karena biasanya akan terjadi penurunan lanjutan.

Hal di atas hanya sebuah pertimbangan saja, keputusan tetap ada di tangan anda.
Semoga bermanfaat.


1 komentar:

Unknown said...

thread yabg sangat bagus dan bermanfaat sehingga bisa dipakai untuk belajar menggunakan market dengan emas, karena meskipun ada spot ini di octafx namum belum pernah juga dianalisa dengan emmakai ichimoku seperti ini

Post a Comment

Terbanyak Dibaca

Kirimkan Informasi Harga Emas Via Email: